Thursday, March 26, 2015

How to become a RADIO ANNOUNCER


Baru sadar selama ngeblog saya jarang sekali membahas tentang profesi yang saya tekuni saat ini, padahaaal, banyak yang bertanya "Gimana sih caranya jadi penyiar?" let me share what i know here ya, semoga bermanfaat :)




1. SUARA 
ini adalah modal utama seorang penyiar, suara. gak mesti punya suara bagus layaknya seorang penyanyi (saya ga bisa nyanyi malah :p) tapi suara yang berkarakter dan enak didengar saat berbicara. Artikulasi, intonasi saat berbicara itu penting sekali (dan ini bisa dilatih loh). kenapa suara penting banget, karna saat siaran itu kita membangun Theater of Mind pendengar, jadi suara kita sangat mempengaruhi imajinasi pendengar :)



2. MELEK INFORMASI
Penyiar dituntut untuk memiliki wawasan yang luas. mau jadi penyiar? buka mata dan telinga sama apa yang terjadi di sekitar, musik, film, news, current issue dll. Informasi tersebutlah yang nanti akan menjadi bahan untuk disiarkan. Jaman sekarang sih kayanya ga susah ya untuk melek informasi, apalagi dengan adanya smartphone, kamu bisa mengakses segala sesuatu disitu.

3. PINTAR KONTROL EMOSI
lagi siaran trus berantem sama pacar?? mood pasti berantakan banget. Nah, disinilah kamu diuji mengendalikan emosi, kan ga lucu gara-gara berantem sama pacar eeeeeh jadi malas siaran. Pendengar gak mau tau kamu lagi berantem sama pacar kamu atau gak, yang mereka tau kamu harus membawakan program radio dengan menyenangkan. Saya pernah loh, lagi siaran pas lagu mewek pas talk ceria lagiii hihihihi 

4. BERBICARA DENGAN BAIK
Artikulasi, intonasi, Aksentuasi (penekanan kata), Speed (jangan terlalu cepet & jangan terlalu lama juga), pemenggalan kata (titik dan komanya) harus dilatih terus menerus, cara berbicara kita saat siaran juga menentukan imajinasi pendengar loh :)

5. ATTITUDE
Dari 4 hal diatas, yang paling penting menurut saya adalah Attitude. Seorang penyiar sedikit banyak sudah menjadi seorang "Public Figure' yang menjadi panutan dari pendengar-pendengarnya. Karena itulah "attitude' juga penting banget kalo kamu mau jadi seorang penyiar. Bisa bekerja dalam team, ga telat, commit sama program dll. 

Jadi? sudah siap jadi penyiar? :)
kalo kamu yakin dan merasa bahwa passion kamu adalah di dunia broadcoast, GO FOR IT! KEJAR TERUS! SEMANGAT! hehe


Good luck and see you on the air!

xoxo, @febicil