Thursday, February 13, 2014

Hari Radio Sedunia - 13 Februari 2014

Sekitar tahun 2000-2001, di laboratorium bahasa sekolah SMP Al-Azhar Plus Bogor selagi anak-anak lain sibuk ngobrol satu sama lain, seorang anak perempuan bermain-main dengan headphone lab seakan-akan dia sedang siaran di Radio. Look at her now, a real Radio Announcer. This is a DREAM COME TRUE. 


Dari umur 12 tahun cita-cita gue ada dua. 
1. Jadi penyiar radio
2. Kerja dimajalah (dulu hobinya beli majalah, kalo udah ga kepake digunting-gunting jadi kolase gitu :D sampe di marahin mulu sama nyokap). 

Umur 15 tahun, gue memutuskan bahwa gue harus masuk sekolah Komunikasi. Jadi, saat yang lain pada sibuk les spmb, tes sana tes sini, gue? Di rumah dengerin Radio & baca Majalah :D

Tahun 2005.. Tahun pertama kuliah. Gue coba taro CV di beberapa Radio di Jakarta, salah satunya Mustang. Waktu itu Mustang masih di Wisma Nusantara. Di ruang resepsionis dipajang foto-foto penyiarnya dan gue berucap dalam hati "suatu saat foto gue yang ada disitu". Mas Gilang, Music Director Mustang sekarang yang waktu itu menerima CV saya (dia sendiri pasti lupa lol) dan nihil tidak ada panggilan sama sekali. 

Tahun 2008, saat itu ada tugas magang dari kampus dan dikasih jalan sama Arif Cun untuk magang di Radio yang baru berdiri 6 bulan pada saat itu yaitu MD Radio Jakarta. Magang di bagian promosi bareng sama Cindy. Kemudian, kita dikasih kesempatan buat siaran di weekend malam. Siaran-nya bertiga. Haha, inget banget pas pertama kali siaran yang keluar dari mulut gue cuma "iya" "ho oh" "wow" & ketawa -___- GROGI banget!!! 



    

I push my self to do better, banyak sharing sama yang sudah biasa bicara di mic. Akhirnya, alhamdulilah dipercaya untuk pegang program namanya "Funky Style" kemudian berganti nama menjadi "Pelangi Muda-Mudi". Program tentang Lifestyle, Fashion dan Dunia Cewek. MD Radio sudah seperti keluarga buat gue. Moment ngerumpi di Pantry, Nginep rame-rame, SIARAN SAHUR! Damn right! Siaran jam 3 pagi sampe jam 5 nemenin orang pada sahur lol. 

Tahun 2010, gue nyoba masukin cv ke Global Radio & Mustang. Di Global, dua kali datang tapi memang gak jodoh kali yaa. 

Nah, kalo di Mustang Bisa naro cv itu berkat bapak Adit Insomnia. Gue ngemc di konser Adit-Surya waktu itu.Adit bilang udah dateng aja bawa CV lo ke Mustang. Datanglah gue ke Mustang. Waktu itu, Prosesnya cukup panjang dan lama. 5 kali dateng buat interview, take vocal, tes tertulis (thanks bapak Aji yang ngasih tau jawaban ke gue lol), interview lagi, nunggu, nunggu dan nunggu.. :D 

Akhirnya, 1 Januari 2011 adalah hari pertama gue Training di Mustang. Mas Andri gutz & Jarot (dua manusia king of Voice over ini lah yang training gue). Dua minggu training dan langsung siaran. Awalnya jadi penyiar pendamping dulu, supaya kenal sama studio baru setelah itu dilepas siaran sendiri. Alhamdulilah, sampai saat ini gue masih aktif siaran di Radio Mustang and yess of course Mustang is like a second home for me. 





Siaran ngajarin gue banyak hal. Bagaimana bersikap saat bertemu dengan orang baru, kedisiplinan, ngatur mood yang kadang susah banget diaturnya dll. Dunia Radio juga yang membawa gue ke dunia VO, MC, TV Host, Event dll. 

Sampai hari ini, gue pun masih banyak belajar bagaimana menjadi seorang penyiar yang baik. Jangan pernah berhenti belajar. 

Semoga di Hari Radio Sedunia ini semua orang yang terlibat di dalamnya (management, team off air, team on air, creative) dan orang-orang yang cinta dengan dunia ini bisa membawa dunia Radio/Broadcasting menjadi lebih baik dan maju lagi. Amin. 

Happy World Radio Day! 

xo, febicil