Tuesday, December 11, 2012

My Voice Count, Human Rights Day


Kemaren gue jadi MC di acara 'My Voice Count' yang di adakan oleh UN (United Nation) in collaboration w/ Thisable Enterprise di PIM 2. Acara ini adalah untuk celebrate hari hak asasi manusia yang jatuh pada tanggal 10 desember. Kalo ngomongin HAM, luas banget. Di My voice count ini hak asasi yang dibicarakan adalah hak untuk teman-teman penyandang disabilitas (tuna netra, tuna rungu dll). 

Just FYI, please jangan lagi menggunakan kata "penyandang cacat" selain ga enak didenger kata tersebut juga seperti menghina. Ganti dengan "disabilitas" dan "non-disabilitas" okay! 

Acara dihadiri oleh delegasi-delegasi dari UNESCO, UNIC, ILO dan Thisable Enterprise, Mr. Moordaya, Mr. Handry Satriago CEO GE Indonesia, Ibu Eva Kasim dari Kemensos dll. 

Performance-nya wow! Bikin gue terharu, happy dll.. Ada differensia band, semuanya tuna netra. Masing2 personil punya cerita, Ika, vokalis. Biarpun tuna netra tapi Ika itu PNS di kemensos loh. Jaka, atau nama panggungnya jack hihi.. Yang pegang kahon, dapet beasiswa s2 di australi dan akan berangkat bulan januari nanti. Solomo, gitar. Saat gue tanya "apa sih hambatan kamu?" Solomo bilang "dulu saya ingin masuk sekolah musik mba, tapi saya selalu di tolak karna tuna netra" well, you nail it solomo! Kenarin dia main super keren! Bahkan di akhir acara dia main bareng Anji, and the best part is Anji is looking for his number dan Anji bilang Solomo main-nya bagus! Wow! 

Ada lagi Deaf Choir dari Panti Melati Bambu Apus, mereka menyanyikan lagu Laskar Pelangi menggunakan bahasa isyarat. Bapak Faizal Rusdi is also there, dia adalah pelukis yang melukis menggunakan mulut. Banyak banget yang hadir kemarin, teman2 penyandang disabilitas, tuna netra, tuna rungu, tuna wicara dan temen2 yang menggunakan wheelchair. Mereka dateng, to prove that they're equal with non-disability people. 

Udah saatnya juga buat teman2 non-disabilitas untuk gak mendiskriminasi teman2 penyandang disabilitas. Kita semua sama, punya hak yang sama dan punya mimpi yang harus diwujudkan. Selamat hari hak asasi manusia, semoga tidak ada lagi diskriminasi terhadap teman2 penyandang disabilitas. 

love, @febicil