Sunday, October 21, 2012

#ThursdayHorror - Noroi The Curse

Thursday Horror tanggal 18 kemarin adalah "NOROI, The Curse" Film Jepang yang diambil dari kisah nyata. Film tahun 2005 ini SUKSES! bikin gue, Aga, Lia sama helmi ketakutan setengah mati. Bahkan selesai noton film ini kita ke toilet berempat!!!! hahaha.

Here's the review

Sebuah kaset video berisi rekaman  film berjudul ” Noroi “ menjadi saksi sebuah peristiwa supranatural yang mengerikan dan mengemparkan. Film tersebut diibuat oleh seorang ahli paranormal dan supranatural, Masafumi Kobayashi yang pada menghilang setelah 2 hari ” Noroi “ dibuat.
Film dimulai pada saat Kobayashi bersama juru kameranya mendapat panggilan dari seorang wanita untuk menyeldiki tetangganya, seorang wanita misterius dan aneh bernama Junko Ishii yang tinggal bersama putranya. beberapa hari setelah penyelidikannya, Junko Ishii secara mendadak pindah dari rumahnya dan wanita yang melapor kepada Kobayashi dikabarkan tewas dalam sebuah kecelakaan lalu lintas yang aneh
Setelah itu film ini berlanjut melalui serangkaian peristiwa aneh yang tampakanya tidak berhubungan dengak kasus yang sedang di selidiki oleh Kobayashi. Rangkaian kejadian ganjil tersebut meliputi hilangnya seorang anak perempuan yang konon memiliki kemampuan supranatural hebat secara misterius, bunuh diri masal yang dilakukan oleh beberapa orang dengan cara menggantung diri pada sebuah ayunan di sebuah taman, dan beberapa remaja yang mengikuti uji nyali di sebuah kuil dalam sebuah acara televisi dimana salah satunya mengalami kerasukan mahluk gaib.
Pada pertengahan film, kejadian-kejadian yang tampakanya tidak saling berhubungan mulai menampakan kaitannya antara kejadian dengan kejadian lainnya, hal tsb membawa Kobayashi terjerumus lebih dalam ke sebuah kisah yang tidak ia sadari sangat mengerikan dan berbahaya, sebuah kisah kuno yang melibatkan ritual pengusiran mahluk halus yang tidak berjalan dengan mulus, sebuah ritual yang dikutuk dan sudah memakan korban jiwa cukup banyak bagi siapa saja yang terlibat didalamnya.
Faktor-faktor apa saja yang membuat sebuah film horror bisa dikatakan sebuah horror bagus dan berkualitas? apakah hanya dengan banyak menampilkan penampakan para makhluk halus  yang seram saja? atau hanya dengan menampilkan setting yang gelap dengan efek suara dan musik yang mengejutkan saja sudah cukup seperti yang kebanyakan dilakukan oleh film horror Indonesia sekarang ini? Ya, mungkin beberapa orang bisa cukup terhibur hanya dengan keberadaan film horror yang hanya menampilkan kedua faktor yang disebutkan diatas, namun bagi beberapa orang lain (termasuk saya) hal tersebut belumlah cukup. Film Horror yang baik menurut saya adalah film yang mampu memberikan efek kejut dan atmosfer seram tanpa harus di dominasi oleh penampakan-penampalam dan efek suara yang berlebihan. Horror yang baik juga harus didukung dengan cerita yang kuat dan konsisten dari awal sampai akhir dan hanya beberapa film horror saja yang mampu menampilkannya dimana salah satuny adalah Noroi
Noroi adalah sebuah horror Jepang yang menggunakan gaya mockumentary dalam penyajiannya sehingga tampak relistis, seperti menampilkan sebuah film dokumenter. Dengan cerita yang cukup kompleks kita dibawa dalam sebuah kisah penuh misteri yang mencekam selama hampir 2 jam. Secara tidak langsung mungkin banyak yang menyamakannya Noroi dengan The Blair Witch Project, namun kesamaan tersebut hanya terdapat dalam gaya dokumenter nya saja, dan menurut saya Noroi memiliki kualitas  sedikit lebih baik dari The Blair Witch Project baik dari cerita maupun atmosfer creepy yang di sajikan.
Alur cerita yang ditampilkan sebenarnya cukup lambat, namun entah bagimana lita tidak dibuat bosan, karena disetiap adegan selalu menampilkan sebuah misteri baru, dan kita diajak berpikir untuk menerka apa hubungan antara suatu kejadian dengan kejadian lain yang ditampilkan di film ini sampai nanti ditutup dengan sebuah klimaks yang cukup menakutkan. Pergerakan kamera juga cukup bersahabat disini, walaupun berlari ataupun dalam melakukan segala aktivitasnya, si kameramen tetap mampu fokus, sehingga kita tidak dibuat pusing menonontonnya. Sebuah film mockumentary yang baik tidak pas rasanya jika tidak didukung oleh akting natural dari pemainnya, sudah tentu dalam gaya film seperti ini dibutuhkan akting prima dan realistis dari para aktor dan aktrisnya dan sekali lagi Noroi mampu memberikan semua itu.
Overall, jika menyukai film horror, terutama horror Asia yang sedikit berbeda, Noroi mungkin bisa memberikan sebuah pengalaman tersendiri, walaupun konsep yang diangkat bukanlah sebuah konsep baru namun jalinan cerita dan amtosfer yang ditampilkan di sini cukup membuat penggemar horror sejati tersenyum bahagia, bukan karena film ini lucu, namun karena film ini mampu memberikan gambaran bagaimana sebuah film horror yang baik dan berkualitas itu dibuat.
 
source : klik here

Thursday Horor kali ini pecah sih, apalagi scene terakhir yang katanya dari video aslinya beneran. kalo belum nonton, lo mesti nonton. walaupun dari awal sampe ke tengah agak boring dan dibuat nebak-nebak sendiri. Scene terakhirnya bikin semuanya klimaks. Must see movie. :)

love, febicil