Tuesday, August 7, 2012

Menyanyi Itu Sehat

"I don't sing because I'm happy, I'm happy because I sing." 
-William James-

Saya bukan seorang penyanyi profesional, bahkan kalo ngomongin suara, jauh sekali dari kata 'bagus'.. Wong kalo nyanyi selalu gak ada nadanya kok. Tapi, kalo nyanyi di kamar mandi wow! Rasanya udah kaya suara saya yang paling bagus diantara penyanyi2 lain hihi. Semua orang pasti suka bernyanyi, bagus atau tidak, fales atau tidak, ganggu yang denger atau tidak, but we love to sing. Apalagi kalau kita baca quotes dari Wiliam James di atas, I'm happy because i'm sing, nyanyi itu memang betul sangat bisa mempengaruhi mood kita. Dan ternyata memang ada penelitian-nya bahwa menyanyi itu ada hubungan-nya sama kesehatan. Nih, sebuah artikel yang saya dapat dari om google. 
Tak hanya melepas penat, bernyanyi juga bisa membuat seseorang lebih sehat. Hal itu terungkap dari penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan asal Universitas Harvard, Amerika Serikat.

Dikutip dari Genius Beauty, para peneliti melakukan penelitian terhadap pasien-pasien rumah sakit di Amerika Serikat. Dalam proses penyembuhannya, para pasien itu diminta untuk menghafalkan lagu, serta bernyanyi dengan jadwal yang teratur.

Penelitian itu membuktikan, mereka yang bernyanyi mengalami proses pemulihan yang lebih cepat dibandingkan pasien yang lain. Tak hanya itu, pasien-pasien yang rutin bernyanyi juga mengaku tak merasakan rasa sakit yang biasa mereka rasakan sebelum rutin bernyanyi.

Lebih lanjut para ahli menjelaskan apa yang terjadi saat manusia bernyanyi. Ternyata saat bernyanyi, tubuh mengalami peningkatan asupan oksigen, sehingga peredaran darah menjadi lancar. Tak hanya itu, pada saat bernyanyi otot dan syaraf manusia juga menjadi lebih santai dan mengendur. Hal itu yang menyebabkan rasa sakit hilang dan seseorang menjadi lebih sehat.

Yuk bernyanyi!


Source: klik here

See, bernyanyi ternyata bikin kita sehat. Apalagi kalau sudah mulai penat sama kegiatan sehari-hari. Lihat saja orang-orang Jepang yang hobi ke karaoke. Bahkan bisa dibilang hampir semua orang jepang hobinya karaoke, Karna mungkin ethos kerja mereka yang 'hard' membuat mereka harus mencari 'pelarian' untuk menghibur dan juga mengembalikan mood happy mereka, ya dengan bernyanyi. Intinya adalah, bagus / tidak suara kita kalo suka bernyanyi, bernyanyilah. Sing it out loud! Selama belum dilempar sepatu, silahkan bernyanyi sesuka kamu. :p 

Me at Dimsum Festival, Kemang. Alhamdulilah ga di lempar sepatu :p