Sunday, August 5, 2012

INJO NABOER RAJA AMPAT

Hey, it's been a while ya saya ga share disini..
so, sekarang saya mau share sedikit tentang getaway saya beberapa saat yang lalu.. enjoy ;)

Tanggal 9 Juli kemarin, saya berangkat ke bumi cendrawasih, papua. Perjalanan, dari Soekarno Hatta kurang lebih 2 jam, transit ke makassar, kemudian lanjut lagi ke sorong kurang lebih 2jam juga. Tiba di papua di Bandara Dominike eduard Osok.Saat diantar menuju tempat makan siang, terasa sekali bedanya sama jakarta. Tidak ada macetnya hihi. Kita tau saat ini Papua selalu jadi pemberitaan karena bentrokan dimana-dimana, tapi sampainya disana berbeda sekali sama apa yg saya bayangkan tentang mereka. Keadaan kota disana tenang, harmonis dan masyarakat lokal-nya pun super ramah. Selalu menyapa kita dengan logat khas-nya 'selamat datang di sorong kaka' sapa mereka. Kemudian, untuk sampai di Raja Ampat kami pun berangkat ke Dermaga Rakyat 'Usahamina'. Setelah makan siang Coto Makassar terlebih dahulu. Memang di Sorong, banyak sekali pendatang termasuk salah satu-nya adalah dari makassar.

Akhirnya saya pun tiba di Pulau Waisai ibu kota raja ampat, kami menyandarkan boat kami di dermaga pariwisata setelah kurang lebih 2 jam perjalanan menyebrang dr sorong ke Waisai. FYI, saya sedang beruntung hari itu.
1. Keadaan laut sedang tenang, sehingga perjalanan pun menjadi lebih cepat, kalo ombak-nya lagi besar bisa-bisa 3jam sendiri untuk nyebrang dr sorong ke waisai.
2. Kami disambut oleh lumba-lumba saat akan mendekati pulau waisai, wah senangnyaa.

Malam pertama, saya Menginap di Resort Acropora, Kabupaten Waisai. Resort ini berdekata dengan pantai WTC ( Waisai TerCinta ) lucu ya nama pantai-nya. Kemudian saya jalan2 di ibu kota raja ampat ini ke pantai Waywo Dive Resort dan melihat bandara Raja Ampat yg belum aktif karna jalanan-nya longsor. Katanya sempat dipergunakan sebanyak 2kali, hanya karna longsor mereka pun belum tahu bagaimana kelanjutan-nya bandara ini.Biasanya di Bulan oktober, mereka akan mengundang wartawan2 u/ hadir di festival raja ampat, yg mereka sebut 'expo'.

Hari kedua kami meninggalkan waisai menuju Raja Ampat Dive Lodge Resort. kurang lebih 1jam naik speed boat. Transportasi utama di Raja ampat a/ transportasi laut. tidak ada mobil. Dari kampung ke kampung mereka berjalan kaki. Selama perjalanan, saya banyak melihat ikan terbang, waaah seperti sedang menyambut kedatangan kami. RADL, tempatnya bagus bangeeet.. Pasir putiiih, pemandangan luar biasa. Melihat kedepan, terhampar pantai yg indah, melihat ke belakang pohon-pohon hijau yg suka memberikan kejutan, tiba2 burung2 cantik muncul dan menghilang lagi. Luar biasa bgt pemandangan-nya. Sesampainya di desa sawinggrai, saya disambut oleh tarian makaker. Saat masuk pun kita terlebih dahulu membasuh kaki, sebagai pertanda kita pendatang untuk pertama kalinya ke desa ini.

Kemudian saya bertemu dengan Bp. Yesaya Mayor, beliau a/ tetua adat di desa sawinggrai yg juga ktivis lingkungan. Karena kebanyakan suku di Raja ampat a/ suku biak,maka mereka menggunakan bahasa biak dalam kehidupan sehari-hari. Injo Naboer artinya terimakasih banyak. Di desa ini, tidak ada sekolah, jadi jika bersekolah mereka ke kampung sebelah.
Disini juga saya mencoba makanan khas desa sawinggrai yaitu sagu kelapa, dan juga ikan bakar sawinggrai, ikan tenggiri. Rasa sagu kelapanya hambar. Itu a/ makanan mereka sehari-hari, karna disini susah sekali mendapatkan beras. Sebelum ada beras pun mereka sudah makan sagu. Kemudian ada fish feeding, nyelupin tangan dengan sagu, nanti mereka menghampiri. sumpah deh ikan-ikan papua agresif semua hihihi

Anak-anak desa Sawinggrai

Sagu kelapa yang dicetak dengan cetakan 'vorno'. Vorno itu artinya kotak hihihi

Selesai dari desa sawinggrai, saya kembali ke Raja Ampat Dive Lodge. Masi menggunakan perahu, kurang lebih 15 menit perjalanan u/ makan siang. Raja Ampat Dive Lodge, tempatnya buaguuuus banget.. Pantai-nya keren. Airnya bening, pasirnya putiiiih.. Rasanya ga pengen pulang, ngedenger suara aiir.. and if you're lucky, kalo lagi makan di restoran-nya sambil melihat ke arah bukit akan dapet surprise dari burung cendrawasih yang warnanya cantik banget tiba-tiba suka muncul dari balik pepohonan.. wow!

Hari kedua, setelah berkunjung ke desa sawinggrai dan makan siang di Raja Ampat Dive Lodge. Anyway, jangan takut soal makanan. ga melulu ikan atau seafood kok. Di Raja Ampat Dive Lodge untuk makanan bisa dibilang enak. mereka siapin western dan juga makanan biasa seperti ayam dan juga sayur-sayuran. jadi ga usah takut mabuk seafood hihi.

Saya berangkat ke pulau penemu untuk snorkling.. Siap2 sunblock dengan spf tinggi,karna kalo siang cuaca panas banget dan terik. Saat perjalanan menuju pulau Panemuan saya disuguhkan pemandangan gugusan pulau yang cantiiik sekali. beneran deh, cantik banget! sampe-sampe saya teriak "asli, ga maaauu pulaaang!"
Memang gak ada yang bisa mengalahkan pemandangan di Raja Ampat. saat snorkeling saya ketemu dengan berbagai macam ikan kecil warna warni plus karang-karangnya yang warna warni. Snorkeling pertama di pulau panemuan, walaupun spot dangkalnya sedikit tapi panemuan pemandangan-nya the best. agak parno sih karna banyak sekali palung disini. Snorkeling kedua di desa Sawinggra, nah disini lautnya dangkal jadi bisa snorkeling sampe jauuuh banget.. warnanya pun cantiiik sekali.. subhanallah.. But then again kalo mau snorkeling jangan di sore hari karna arusnya kencang sekali..

Hari ketiga, saya berangkat untuk diving di Waiwo Dive Resort. this is my first time! cool hu? pertama kali diving di Raja Ampat. but the un-cool part is, saat sudah menggunakan perlatan dive dengan lengkap, asma saya kambuh saking parnonya sama ombak yang besar dan air pasang. Hari ketiga is not my lucky day, karna kebagian jadi kelompok kedua untuk FunDive jadi waktu udah sore huhuhu.. but it was fun, at least saya ngerasain gimana beratnya dan ribetnya menggunakan peralatan dive. well maybe, i just stop on snorkeling aja :p

Last day on Raja Ampat, we're back to Sorong. beli oleh-oleh batik papupa yang warna-warni dan abon gulung. dan setelah 2 jam perjalanan dari RADL ke Sorong menggunakan boat plus 4 jam perjalanan udara dari sorong langsung ke jakarta (tanpa transit) akhirnya saya disambut kembali dengan kemacetan Jakarta yang sudah akrab sekali dengan kehidupan kita sehari-hari.
1st thing to do when i arrived is.. SALON TIME! saking asyiknya menikmati liburan di Raja Ampat sampai lupa kalau badan sudah dekiil dan super legam... what a holiday! INJO NABOER RAJA AMPAT! I'LL SEE YOU AGAIN..

Perjalanan di Pulau Panemuan

Gugusan Pulau Panemuan. Pulaunya kecil-kecil.
Bahkan masih banyak pulau kosong tapi pasirnya putih sekaliii..

Desa Sawinggrai. The Best!
Just FYI, foto ini TIDAK DIEDIT!! cool hu?