Friday, September 17, 2010

Kurang itu Manusiawi

We come to love not by finding the perfect person, but by learning to see an imperfect person perfectly.
Angelina Jolie


siapa sih yang gak kepengen punya pasangan yang sempurna?

well,makna "sempurna" di tiap orang itu juga kan pasti berbeda-beda. mungin ada yang beranggapan pasangan yang sempurna itu adalah pasangan yang punya "segalanya". Ganteng/cantik,pintar,badannya bagus,keren,gaul,tajir and what so ever...

mungkin alasan mengapa tuhan tidak menciptakan manusia sempurna adalah supaya kita selalu melihat kelebihan orang lain dan bukan membicarakan tentang kekurangannya saja. karna sometimes, kita as human being itu suka banget ngomongin kekurangan orang lain. no wonder berita2 di infotainment lebih sering mebicarakan tentang "ketidaksempurnaan" si artis.

begitu pun dalam mencari pasangan. semuanya pasti pengen dapetin pasangan yang sempurna. tapi apa mau dikata "nobody's perfect" tinggal gimana kita melihat kelebihan pasangan kita dan bukan kekurangan mereka.

so,ada sedikit tips tentang gimana caranya supaya kita bisa mencintai ketidaksempurnaan pasangan kita. tips ini ada di buku "from single to couple" karya ajen dianawati. agak sedikit diubah pake bahasa saya sendiri hehe :p. here we go :

1. Jangan ubah dirinya
nggak fair kan kalo misalnya kita menuntut seseorang untuk berubah untuk menjadi apa yang kita mau. dan kita juga ga bisa lagi merubah seseorang dalam waktu sekejap untuk bisa jadi seseorang yg "sempurna". kalaupun mau,kita bisa aja kasih masukan ke pasangan kita. nah,supaya kesannya ga "nuntut" kamu jg harus jelasin keuntungannya sama dia. misalnya : kalo pasangan kamu adalah orang yg pemalas,ga ada salahnya kita untuk ingetin dia supaya sedikit demi sedikit menghilangkan sifat pemalasnya itu. tapi,biar gmn pun juga nih sebelum kita membantu pasangan kita untuk berubah kita harus tau dulu apakah dia juga punya "niat" untuk berubah. karna kalo ga ada niat dari diri dia,ya sama aja bohong.

2. Fokus pada kelebihan
sometimes kita memfokuskan hubungan cinta itu berdasarkan fisik dan juga materi (god! u hv to change this mindset). as human being, kita suka buta sama kelebihan seseorang nah ini juga biasanya terjadi sama kamu yg gak bersyukur. so,daripada sebel sendiri,bt sendiri sama kekurangan dia (yang sebenernya masih bisa diubah) ga ada salahnya kok mulai detik ini kamu fokus sama kelebihan dia.

3. kurang itu manusiawi banget.
coba eh berpikir,jangan cuma bahas kekurangan dia aja. tapi kamu juga harus berkaca apakah kamu udah "sempurna" atau belum buat pasangan kamu. sama2 huamn being,pasti sama2 punya kekurangan dan kelebihan rite?

4. jangan membandingkan
NO!! jangan sampe kamu membanding2kan pasangan kamu sama orang lain. karena tau ga sih,terkadang nih apa yg terlihat di luar itu ga sebaik/sebagus dalemnya. bisa aja kan kamu selalu pengen terlihat mesra seperti temen kamu sama pasanganya,but u never know ada apa di balik kemesraan mereka,siapa tahu di belakang-nya temen kamu sering mengelus dada atau mungkin sakit sendiri karena tingkah laku pasangannya. we never know rite?

5. kompromi
nah ini dia,kalau kamu udah tau kelebihan terutama kekurangan pasangan kamu dan kamu juga udah kenal banget sama karakter pasangan kamu,saatnya buat kalian menilai kualitas hubungan. mulai deh ukur mengukur kadar toleransi yg kalian punya. karena yang nentuin kelanggengan suatu hubungan itu adalah komitmen dan kompromi dari kedua belah pihak. misalnya,pasangan kamu adalah orang yang pelupa,jadi jangan marah2 kalau dia lupa ngabarin kamu or whatsoever. semua hal yang dikompromikan itu bisa jadi awal dari suatu hubungan yang awet.

6. Introspeksi diri
last but not least, "nobody's perfect" ungkapan ini berlaku bagi semua orang,tanpa kecuali. jad ketika pasangan kamu bikin kamu kecewa,bt,marah,kesel dll sebelum kamu marah2 coba deh berkaca sama diri sendiri dulu. kita juga pasti punya kekurangan yg bisa bikin pasangan kita ilfil.

so,saat kamu berharap pasangan kamu bisa menerima kekurangan kamu,kamu juga harus siap menerima kekurangan dia apa adanya,rite?

nah,mungkin stelah baca ini kamu jadi mulai berpikir untuk bisa menerima kekurangan pasangan kamu. go call him/her,meet him/her and just say "i love you just the way you are"



cheers,
@febicil