Monday, May 3, 2010

social climber


topik di program saya hari ini 'pelangi muda-mudi' a/ tentang 'social climber'.

Apa sih itu social climber?

Social climber atau kalau diindonesiakan adalah pendaki status sosial. Social climber a/ orang yang mencari keunggulan sosial. Orang2 yg selalu melihat orang lain dr status sosial saja. Orang yg selalu mengupgrade status sosialnya menjdai lebih tinggi sehingga membuat dia melakukan apa saja u/ berada di dtatus sosial yg lebih tinggi tersebut. Orang2 okb alias orang kaya baru salah satu yg cocok disebut sebagai seorang social climber.

Istilah lebih gampangnya a/ orang2 yg hidup hedonisme tp sebenrnya ga sesuai sama isi kantong mereka.
Well,siapa sih yg gak mau hidup hedon,ngafe tiap hari,belanja barang2 branded,bicara tentang holiday ke negri a,negri b dll..
Tapi,kalo ga sesuai sama kemampuan kita ngapain juga..

Banyak pasti orang2 disekililing kamu yg seorang social climber. Eh,hati2 loh seorang sosial climber biasanya rela punya hutang banyak dan dimana2 hanya untuk memenuhi tuntutan diri dia sendiri.

Saya pernah tau di satu tempat dimana semua isinya a/ social climber. Entah apa yang mereka cari,hanya u/ tampil 'tajir' sampe rela 'jual diri',ini sih udah parah sekali.

Mengutip perkataan temen saya cindy wastar yg bilang 'gw lebih appreciate sama perek yg ada di sabang,mereka jualan u/ hidup,u/ makan bukan u/ hidup mewah'

Ya bener juga,karena kalau dipikir2 para social climber itu masih mampu loh untuk makan 3x sehari. Tapi hanya u/ kehidupan serba glamour dan mewah mereka rela melakukan hal2 yg seperti itu. But we have to face it,ini a/ reality disekitar kita.

Yang saya lihat dari situ a/ mereka bukanlah orang yang bersyukur dengan apa yang mereka punya. Memang sih banyak yang bilang 'hidup dijakarta itu keras' tp menurut saya 'hidup dijakarta itu keras,kalau kita hanya melihat ke atas'. Please,banyak bgt orang2 yg sehari belum tentu bisa makan,mereka susah payah cari uang hanya u/ sesuap nasi sedangkan para social climber? Mereka berlomba2 u/ menjadi yg paling oke,paling branded etc.

Just be yourself,upgrade diri kamu bukan dengan barang2 branded tp upgrade diri kamu dengan potensi yang kamu punya,bikin prestasi.. Semua orang pasti lebih appreciate drpada jadi branded doll but nothing.

Dan yang paling penting a/ kita harus selalu bersyukur dan jangan selalu mendongak melihat ke atas saja.

:)

Cheers,
@febicil