Thursday, May 20, 2010

Hari Kebangkitan Nasional,20 mei 2010


hari ini tanggal 20 mei 2010,semua orang sibuk mengucapkan 'selamat hari kebangkitan nasional' dimana-mana,termasuk twitter. bahkan ketika saya sibuk mempromosikan alamat blog ini twitter tiba2 masuk retweet dari @doriscode untuk membahas tentang kebangkitan nasional hari ini.

nih beberapa twitter yang mengucapkan selamat hari kebangkitan nasional

cathysharon
Selamat hari kebangkitan nasional :)



Eky_nata Selamat hari kebangkitan nasional..bangkitkan smangat kita untuk terus maju membangun bangsa&negara..hidup INDONESIAKU&Jayalah selalu..

reshapahlevi Selamat hari Kebangkitan Nasional,mdh2an Indonesia bs bangkit dr segala keterpurukan..Bangsa yg Besar adalah Bangsa yg Menghargai Sejarah..

ukhiertu Selamat hari kebangkitan nasional! Mari pemuda-pemudi indonesia, bangkitkan semangatmu membangun bangsa!

dan banyak lagi,bahkan saat saya search 'hari kebangkitan nasional' hanya dalam waktu beebrapa detik saja sudah ada 40 tweet yang masuk.

anyway, hari kebangkitan nasional diperingati setiap tanggal 20 mei. kalo kamu mencari di google tentang 20 mei atau hari kebangkitan nasional pasti yang muncul paling atas adalah 'hari kebangkitan nasional indonesia' from wikipedia.

nih dia artikel tentang hari kebangkitan nasional dari wikipedia :

Kebangkitan nasional adalah masa bangkitnya semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan 350 tahun. Masa ini ditandai dengan dua peristiwa penting, yaitu berdirinya Boedi Oetomo (20 Mei 1908) dan ikrar Sumpah Pemuda (28 Oktober 1928). Masa ini merupakan salah satu dampak politik etis yang mulai diperjuangkan sejak masa Multatuli.

Tokoh-tokoh kebangkitan nasional, antara lain: Sutomo, Gunawan, dr. Tjipto Mangunkusumo, Suwardi Suryoningrat (Ki Hajar Dewantara), dr. Douwes Dekker, dll.

Selanjutnya pada 1912 berdirilah partai politik pertama Indische Partij. Pada tahun ini juga Haji Samanhudi mendirikan Sarekat Dagang Islam (Solo), KH Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah (Yogyakarta) dan Dwijo Sewoyo dan kawan-kawan mendirikan Asuransi Jiwa Bersama Bumi Putera di Magelang.

Suwardi Suryoningrat yang tergabung dalam Komite Boemi Poetera, menulis Als ik eens Nederlander was (Seandainya aku orang Belanda), 20 Juli 1913 yang memprotes keras rencana pemerintah jajahan Belanda merayakan 100 tahun kemerdekaan Belanda di Hindia Belanda. Karena tulisan inilah dr. Tjipto Mangunkusumo dan Suwardi Suryoningrat dihukum dan diasingkan ke Banda dan Bangka, tetapi “karena boleh memilih”, keduanya dibuang ke Negeri Belanda. Di sana Suwardi justru belajar ilmu pendidikan dan dr. Tjipto karena sakit dipulangkan ke Indonesia.

Saat ini, tanggal berdirinya Boedi Oetomo, 20 Mei, dijadikan sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

kalo kita balik lagi ke ucapan2 yang di twitter tentang 'hari kebangkitan nasional' hayoo,apakah hanya sekedar ikut2an orang atau hanya agar terlihat aware dengan apa yang lagi dibacarakan sama orang? ask urself.

sejujurnya,kalo ngomongin rasa nasionalisme,saya bukan orang yang terlalu mengelu-elukan nasionalisme tinggi. yang saya tau saya hanya warga negara indonesia,yang sudah seharusnya menjalankan kewajiban saya sebagai warga indonesia yang baik.

tapi balik lagi,sebagai seorang manusia kita harus menghargai sejarah. tidak apa-apa rasa nasionalisme kamu tidak tinggi yang terpenting adalah kita harus selalu emnghargai jasa-jasa para pahlawan itu hingga indonesia bisa seperti sekarang (yah,walaupun kita masih begini2 saja)

saya tidak mau menulis terlalu banyak mengenai hari kebangkitan nasional ini,karena saya tidak mau dicap sebagai orang yang sok tahu, dan saya bukan panji yang nasionalismenya sangat tinggi sekali.

yes kita harus mengahrgai sejarah,yes kita harus mensosialisasikan kepada orang2 yang (mungkin) tidak tahu kalau hari ini adalah hari kebangkitan nasional.

yang harus kita lakukan untuk mengenang jasa para pahlawan itu adalah,kita jaga negara ini agar tidak dijajah lagi dan yang pasti jangan sampai kita sebagai warga negara indonesia itu sendiri merasa dijajah oleh pemerintah kita sendiri.

politik dan pemerintahan tidak akan pernah habis untuk dibicarakan.

'selamat hari kebangkitan nasional'

maju terus indonesia,walau setiap saat selalu ada pengalihan issue yang bikin masyarakat (apalagi saya) bingung.


cheers,

@febicil